Selasa, 15 Desember 2015

JAWABAN BAHTSUL MASAIL LBM PWNU JAWA TENGAH



JAWABAN BAHTSUL MASAIL LBM PWNU JAWA TENGAH
Senin Pahing, 14 Desember 2015 / 2 Rabi’ul Awwal 1437
Di PP. Raudlatul Thalibin, Purwanegara Banjarnegara  (Pengasuh: KH. Mujtahidi Thoblawi)



HUKUM KEBIRI KIMIAWI

Deskripsi Masalah
Kekerasan seksual terhadap anak semakin hari semakin sering kita dengar. Data Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) sejak 2010 hingga 2015 yang dihimpun dari 34 provinsi memperkirakan ada 21,6 juta kasus pelanggaran terhadap anak. 58% diantaranya adalah kejahatan seksual (sumber: detik.com).
Meningkatnya tingkat kejahatan ini diantaranya disebabkan oleh lemahnya hukum di Indonesia dan hukuman yang diberikan. Jaksa Agung Muhammad Prasetyo menjelaskan bahwa kekerasan seksual sudah menjadi kejahatan yang luar biasa dan harus ditangani dengan luar biasa juga. UU Perlindungan Anak masih kurang efektif memberi pencegahan kekerasan. Maka diperlukan tambahan hukuman kebiri (sumber: CNN Indonesia).

    Kebiri yang dimaksud adalah kebiri kimawi, yaitu dengan menyuntikkan hormone antitestosteron. Hormon ini akan menurunkan produksi testosteron tubuh laki-laki. Sehingga diharapkan nafsu pelampiasan seksualnya berkurang atau hilang. Beberapa nara sumber menjelaskan lebih lanjut bahwa kebiri jenis ini tidak berlaku permanen. Setelah 3 (tiga) bulan efek obatnya akan habis. Dan bisa disuntikkan kembali. (Sumber: CN Indonesia).

Saat ini Pemerintah telah menyusun Rancangan Perpu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang) yang rencananya akan dterbitkan awal 2016.


Pertanyaan:

Bagaimana pandangan fiqh terhadap hukuman kebiri? (As`ilah dari PW. LBMNU Jateng)

Jawaban:
Permasalahannya ada dua:

Pertama:

Mengenai hukum kebiri kimiawi
Kedua:

Mengenai hukum Pemerintah menerapkan hukuman kebiri.


Pertama:
Mengenai kebiri kimiawi hukumnya ada 2 (dua):

- Haram jika bersifat permanen (sampai memutus / menghilangkan syahwat sama sekali).
- Makruh jika tidak bersifat permanen (hanya mengurangi atau melemahkan syahwat, dan bisa dikembalikan dengan meminum obat / jamu yang berlawanan dengan obat / jamu yang pertama).

Ta’bir:
1. Kitab Attahdzib, lil Imam al-Baghawi,juz 5 halaman 231:
   
يُكْرَهُ لِلرَّجُلِ أَنْ يَحْتَالَ لِقَطْعِ الشَّهْوَةِ 

2. Kitab Al Anwar,Lil Imam Al-Ardabili, juz 2 halaman 355:
وَيَكْسِرُ شَهْوَتَهُ بِالصَّوْمِ وَلَا يَجُوْزُ بِالْكَافُوْرِ

3. Nihayatul Muhtaj, Lil Imam Ar-Ramli,  juz 14 halaman 37:
وَلَا يَكْسِرُهَا بِنَحْرِ كَافِرٍ بَلْ يُكْرَه لَهُ ذَلِكَ كَمَا قَالَهُ الْبَغَوِيُّ وَنَقَلَهُ فِي الْمَطْلَبِ عَنِ الْأَصْحَابِ ؛ لِأَنَّهُ نَوْعٌ مِنْ الْخِصَاءِ إنْ غَلَبَ عَلَى الظَّنِّ أَنَّهُ لَا يَقْطَعُ الشَّهْوَةَ بِالْكُلِّيَّةِ بَلْ يُفَتِّرُهَا فِي الْحَالِ ، وَلَوْ أَرَادَ إعَادَتَهَا بِاسْتِعْمَالِ ضِدِّ الْأَدْوِيَةِ لَأَمْكَنَهُ ذَلِكَ ، وَمَا جَزَمَ بِهِ فِي الْأَنْوَارِ مِنَ الْحُرْمَةِ مَحْمُوْلٌ عَلَى الْقَطْعِ لَهَا مُطْلَقًا


3. al Mausu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah juz 26 halaman 271:
كَسْرُ الشَّهْوَةِ:
16 - مَنْ أَرَادَ الزَّوَاجَ وَلَمْ يَسْتَطِعْ، يَكْسِرْ شَهْوَتَهُ بِالصَّوْمِ لِقَوْلِهِ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ؛ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ (1) .
فَمَنْ لَمْ يَجِدْ أُهْبَةَ النِّكَاحِ يَكْسِرْهَا بِالصَّوْمِ، وَلَا يَكْسِرْهَا بِنَحْوِ كَافُوْرٍ بَل يُكْرَهُ لَهُ ذَلِكَ وَيُكْرَهُ أَنْ يَحْتَال فِيْ قَطْعِ شَهْوَتِهِ؛  لِأَنَّهُ نَوْعٌ مِنَ الْخِصَاءِ، إِنْ غَلَبَ عَلَى الظَّنِّ أَنَّهُ لَا يَقْطَعُ الشَّهْوَةَ بِالْكُلِّيَّةِ بَل يُفَتِّرُهَا فِي الْحَال، وَلَوْ أَرَادَ إِعَادَتَهَا بِاسْتِعْمَال ضِدِّ الْأَدْوِيَةِ لَأَمْكَنَهُ ذَلِكَ، فَإِنْ كَانَ يَقْطَعُ الشَّهْوَةَ حَرُمَ (2) .
 __________
(1) حديث : " يا معشر الشباب من استطاع منكم الباءة " . أخرجه البخاري ( الفتح 9 / 112 - ط . السلفية ) ومسلم ( 2 / 1018 - ط . الحلبي ) من حديث عبد الله بن مسعود .
(2) نهاية المحتاج 6 / 179 ، 8 / 416 - 417، والجمل 5 / 491، وأسنى المطالب 3 / 107، ومطالب أولي النهى 5 / 5



Kedua:
Mengenai hukum Pemerintah menerapkan hukuman kebiri.
Pemerintah boleh menerapkan hukuman kebiri sebagai bentuk penerapan hukuman ta’zir. Hukuman ta’zir dikandung maksud agar menjadi efek jera terhadap pelaku kejahatan seksual.

Ta’bir:
1. Kitab Al Fiqhu ‘Al Madzhibil Arba’ah juz 5 halaman 181:

أَمَّا التَّعْزِيْرُ فَهُوَ التَّأْدِيْبُ بِمَا يَرَاهُ الْحَاكِمُ زَاجِرًا لِمَنْ يَفْعَلُ فِعْلًا مُحَرَّمًا عَنِ الْعَوْدَةِ إِلَى هَذَا الْفِعْلِ فَكُلُّ مَنْ أَتَى فِعْلًا مُحَرَّمًا لَا حَدَّ فِيْهِ وَلَا قِصَاصَ وَلَا كَفَّارَةَ فَإِنَّ عَلَى الْحَاكِمَ أَنْ يُعَزِّرَهُ بِمَا يَرَاهُ زَاجِرًا لَهُ عَنِ الْعَوْدَةِ مِنْ ضَرْبٍ أَوْ سِجْنٍ أَوْ تَوْبِيْخٍ

2. Attasyri’ al-Jina`i al-Islami li ‘Abdil Qadir ‘Audah, ju 1 halaman 130:
أَنْوَاعُ الْمَعَاصِيْ:
يَقْسِمُ الْفُقَهَاءَ الْمَعَاصِيَ إِلَى ثَلَاثَةِ أَنْوَاعٍ

اَلنَّوْعُ الْأَوَّلُ: مَا فِيْهِ الْحَدُّ، وَقَدْ تُضَافُ إِلَى حَدِّ الْكَفَّارَةِ: مِثْلُ الْقَتْلِ وَالسَّرِقَةِ وَالزِّنَا وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنْ جَرَائِمِ الْحُدُوْدِ وَجَرَائِمِ الْقِصَاصِ وَالدِّيَةِ، وَلَا يَدْخُلُ تَحْتَ هَذَا النَّوْعِ إِلَّا جَرَائِمُ الْحُدُوْدِ وَعَدَدُهَا سَبْعٌ، وَجَرَائِمُ الْقِصَاصِ وَالدِّيَةِ وَعَدَدُهَا خَمْسٌ؛ لِأَنَّ هَذِهِ الْجَرَائِمَ دُوْنَ غَيْرِهَا هِيَ الَّتِيْ تُعَاقِبُ عَلَيْهَا الشَّرِيْعَةُ بِعُقُوْبَةِ الْحَدِّ؛ أَيْ بِعُقُوْبَةٍ مُقَدَّرَةٍ.

وَالْأَصْلُ فِيْ هَذَا النَّوْعِ مِنَ الْمَعَاصِيْ أَنَّ عُقُوْبَةِ الْحَدِّ تُغْنِيْ فِيْهِ عَنِ التَّعْزِيْرِ، لَكِنْ لَيْسَ ثَمَّةَ مَا يَمْنَعُ أَنْ يُجْتَمَعَ التَّعْزِيْرُ مَعَ عُقُوْبَةِ الْحَدِّ إِذَا اقْتَضَتْ ذَلِكَ اَلْمَصْلَحَةَ الْعَامَّةَ، وَهَذَا هُوَ اتِّجَاهُ الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ.


Wallaahu A’lamu bishshowaab




Tidak ada komentar:

Posting Komentar